Cara Membuat Blog dengan Blogger I

Sebelum membuat Blog ada baiknya kita tahu apa itu Blog. Dari Wikipedia Blog adalah : singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna inernet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Kalau ingin mengetahui sejarah blog, jenis-jenis blog dan lainnya tentang blog baca di situs ini.

Setelah mengetahui definisi tentang blog, kita langsung saja belajar membuat blog dengan Blogger, berikut ini adalah langkah-langkah dasar, selanjutnya pada artikel-artikel berikutnya saya akan menjelaskan tutorial belajar membuat blog yang artikelnya saya kelompokkan pada Tab Menu Informatika

  • Anda akan dihadapkan pada tampilan berikut, Isikan Nama Penggguna dengan alamat Email  Google anda, kemudian masukkan paswordnya, setelah selesai klik Buat Blog.
  • Isikan semua field-field yang kosong, setelah itu centang kotak Saya menerima persyaratan dan layanan dan klik lanjutkan. Jika terdapat beberapa pesan kesalahan berwarna merah, ulangi lagi.
  • Pilih nama untuk blog anda, seperti contoh misalnya Pelangi Hati, anda bebas mengisikan apa saja selama nama tersebut belum pernah dipakai orang lain, untuk mengetahuinya anda bisa mengeceknya dengan mengklik Cek Ketersediaan.


  • Sekarang pilih template untuk tampilan blog, kalau masih bingung klik pratayang dibawah template untuk melihat pratinjaunya, kalau sudah cocok klik di nama template tersebut lalu lanjutkan.

  • Sekarang Blog anda sudah jadi, mudah kan..teruskan dengan mengklik Mulai Blogging.

  • Nah anda berada di halaman untuk membuat entri pertama kali, kalau sudah punya ide untuk menulis, kita akan lanjutkan ke artikel berikutnya tentang Cara Membuat Blog Dengan Blogger bagian ke-2 ya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Love Story (Erich Segal)

Resensi Buku : Three Cups of Tea

Dimanakah Hari Tuaku Berada?